Skip to main content

Nilai keadilan di Kawasan Makam Bung Karno

 

Keadilan dalam berekonomi juga dibangun berdasarkan asas ekonomi Pancasila yang dapat membentuk masyarakat adil dan makmur.  Menurut (Tambunan, 2006) pedoman untuk membentuk masyarakat adil dan makmur tercantum dalam sila-sila Pancasila yaitu sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sila kemanusiaan yang adil dan beradab serta sila Ketuhanan yang Maha Esa.

Nilai-nilai keadilan dalam berkegiatan ekonomi di Kawasan makam Bung Karno dicerminkan dalam hal Keadilan yang ini diwujudkan dalam menentukan kebijakan. Keadilan untuk anggota dan wisatawan memberikan fasilitas baik fisik maupun non fisik, Menciptakan strategi agar sesama pedagang saling membutuhkan, Pelayanan yang baik, Kesepakatan antar snggota dan pengunjung, Kesepakatan dalam menentukan iuran sosial, keadilan ini dengan mewujudkan keamanan, Keadilan dalam penarikan retribusi.

Pada saat pendaftaran anggota paguyuban pada pengemudi becak diperlukan kebijakan dari anggota yaitu bagaimana agar setiap orang mempunyai peluang yang sama untuk bergabung dalam paguyubannya agar dapat mencari nafkah untuk bertahan hidup dengan tidak salah satu pihak. Namun dalam memasukkan anggota juga dibatasi karena memperhatikan keterbatasan tempat berdagang.

Keadilan antara pengunjung dan pedagang perlu ditumbuhkan dengan  dibuatkan fasilitas seperti pembuatan bor dan tiketing pada penarik becak yang telah tercantum harga per rutenya seperti yang diutarakan ketua paguyuban berikut ini. Hal ini juga peneliti lihat di depan kantor PIPP ada papan Bor dan tiket yang dibawa oleh masing-masing pengemudi becak. Disana tertera nomor, nama, dan tarif yang diberlakukan pada setiap rutenya. Sehingga jika ada pengunjung yang ingin naik becak, pengemudi becak tinggal menunjukkan papan bor dan jika sudah terjadi kesepakatan antara keduanyana maka pengemudi menyerahkan tiket ke penumpang. Begitu juga ketika penumpang ingin kembali ke PIPP maka penumpang tersebut mencari nomor dan nama yang tertera dalam tiket yang dibawa.

Keadilan dan keberadaban juga ditunjukkan dengan adanya saling membutuhkan. Disini paguyuban pedagang  makanan mempunyai strategi dengan menerapkan satu pedagang satu jenis dagangan dengan begitu pembeli yang sedang makan disuatu warung makanan yang menginginkan minuman secara pasti pedagang tersebut merekomendasikan pedagang minuman untuk melayani pembelinya.

Keberadaban yang lain adalah dalam bentuk pelayanan yang  baik kepada wisatawan. Menurut penuturan pedagang souvenir di Kawasan Makam Bung Karno. dipaguyubannya tidak ada penentuan harga seperti penarik becak dan pedagang kaki lima. Namun strateginya adalah memberikan pelayanan yang baik untuk wisatawan. Pelayanan ini adalah dalam bentuk memberikan keamanan dan keamanan kepada pengunjung. Karena hal ini akan mempengaruhi pelaku ekonomi yang lain, misalnya jika ada salah satu wisatawan yang tidak nyaman ketika membeli dagangan ditempat tersebut akan mempengaruhi teman yang lain untuk tidak membeli ditempat tersebut sehingga akan merugikan pedagang yang lain. Bahkan bisa merugikan anggota yang lain, karena kegiatan ekonomi di Kawasan Makam Bung Karno saling berkaitan. Misalnya wisatawan yang akan membeli souvenir dimakam juga akan melewati pedagang di city walk, menggunakan jasa tukang becak dan sebagainya.

Pelayanan yang baik pasti akan memberikan kepuasan terhadap konsumen. Konsumen yang mempunyai kepuasan terhadap pelayanan dari pedagang akan kembali ingin balik untuk menikmatinya sehingga akan memberikan penghasilan yang berlipat ganda atau multiplier effect dalam berkegaitan ekonomi  

Agar terciptanya keadilan antara pelaku wisata dan wisatawan maka diperlukan kesepakatan antara keduanya. Seperti yang dikatakan oleh ketua becak wisata ini yaitu jika ada pengunjung yang menginginkan harga lebih murah dari harga yang ditetapkan maka hal itu diserahkan kepada pengemudi becak dan pengunjung. Begitu juga dengan penetapan harga di pedagang kaki lima juga berdasarkan kesepakatan harga antara anggota paguyuban. Kesepakatan ini juga dalam hal penentuan kualitas dan kuantitas makanan, dan penentuan tempat secara bergilir. Penetapan rolling makanan dan minuman agar tidak mendominasi. Sehingga pedagang dapat merasakan bagaimana berdagang diberbagai tempat dan posisi. Penentuan hal ini juga berdasarkan musyawarah antar anggota. Hal ini juga dibuktikan oleh peneliti saat berkunjung ke sana pada waktu yang berbeda didapati pedagang makanan dan minuman sudah berpindah. Memberikan standarisasi harga pada setiap makanan dan minuman jadi tidak ada yang menentukan harga terlalu mahal ataupun terlalu murah. Dalam penentuan tempat juga ditentukan secara bersama jadi setiap pedagang sudah diberikan tempat masing-masing dan tidak boleh saling mendahului dalam menempatinya. Begitu juga dengan pedagang makam bung karno menuturkan jika dalam mewujudkan keadilan itu dengan musawarah.

Sedangkan menurut Hatta dalam (Tambunan, 2006) Keadilan dalam ekonomi dapat terjadi jika menerapkan demokrasi ekonomi, wujud demokrasi di Indonesia adalah musyawarah mufakat. Jadi dalam proses kegiatan ekonomi setiap warga akan melakukan musyawarah terlebih dahulu untuk menentukan kegiatan ekonomi sehingga terjadi kesepakatan dalam menentukan kegiatan apa yang cocok untuk dilakukan, bagaimana pembagian pendapatan, sehingga terciptalah kedilan sosial dan keadilan ekonomi dimasyarakat.

Menurut penuturan pengemudi becak keadilan antara pengunjung dan pengemudi becak merupakan hasil dari kebijakan yang diterapkan dalam mengatasi permasalahan. Hal ini dicerminakan dari perilaku beliau yang pernah mengeluarkan anggotanya dari paguyuban karena anggota tersebut tersangkut permasalahan pencurian HP. Menurutnya jika permasalahan ini tidak diberi tindakan tegas maka akan merugikan orang lain. Misalnya jika korban pencurian hp tersebut mengatakan ke orang lain dan mengakibatkan orang tidak ingin berkunjung ke Makam Bung Karno maka akan menurunkan penghasilan anggota paguyuban yang lain. Hal ini juga dituturkan oleh anggota paguyuban becak yang lain bahwa misalnya ada orang sholat terus ambil sandal gitu juga langsung dipecat.

Penarikan iuran sosial dilakukan  pembayaran secara sukarela tidak semua anggota wajib ikut. Selain itu juga keadilan dalam pemungutan retribusi hal ini dituturkan oleh pedagang kaki lima dan pedagang souvenir bahwa pembayaran retribusi pada pedagang dilakukan jika pedagang tersebut berjualan jika tidak berjualan maka pedagang tidak membayar. Sedangkan pedagang dibelakang makam Bung Karno menuturkan bahwa mereka membayar retribusi berdasarkan luas lahan yang ditempatinya.

Comments

Popular posts from this blog

Proses Memasang GA4 di Blogspot Akhirnya Sukses Juga

  Tahapan pengembangan blogger hingga menjadi blogger yang profesional tidaklah sesimple yang saya bayangkan. Mulai dari membuat tulisan yang menarik dibaca, membuat Artikel yang menarik, menyesuaikan SEO, membuat domain, serta memasang TLD, hingga memasang GA4. Banyak istilah atau sesuatu yang baru dalam mengembangkan blog yang tidak saya ketahui sebelumnya. Apa itu domain, TLD, SEO hingga memasang GA4 makanan apa itu dan bagaimana saya menggunakannya. Akan tetapi setelah melalui proses dan panduan dari para mentor OBS pun membuat saya mudah memahami dan melakukan Langkah-langkahnya. Hingga kini sampailah pada tahap Proses memasang GA4 di blog akun saya. langkah pertama Proses Memasang GA pada blog dimulai dari mengkonfigurasi dari GA universal menjadi GA4 dari membuat akun  Nama akun diisi dengan nama akun yang telah anda buat, setelah membuat akun maka kita memilih lanjut.  Tahap kedua adalah mengcreate property data, kolom properti diisi dengan nama domain web yang anda punya

Apa Saja Keuntungan mengikuti kelas ODOP BLOGGER SQUAD?

  Awal mula saya mengetahui komunitas ODOP pada beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2016 dari seorang bloger yang sempat saya ikuti tulisannya karena ketertarikan saya pada dunia pendidikan. Saya pun sempat mengikuti komunitas ODOP pada tahun tersebut, akan tetapi karena sesuatu kesibukan dan niatnya kurang kuat saya pun tidak dapat mengikuti sampai akhir. Pada tahun 2023 ini saya akhirnya menemukan lagi komunitas ini lewat media sosial dan saya pun memutuskan menata hati untuk mengikutinya sampai akhir. Materi-demi materi saya ikuti, tugas demi tugaspun saya kerjakan walapun mesti berhutang tulisan dan menjadi manusia deadliner, saya pun mampu menyelesaikannya. Sungguh kepuasan yang maksimal bisa menyelesaikan rekrutmen tersebut. Setelah lolos ikut rekrutmen saya dimana kami resmi menjadi anggota ODOP batch 11. Kami dimasukkan dalam grup besar dan diberikan pIlihan untuk mengikuti beberapa kelas. Saya lebih memilih mengikuti kelas ODOP Blogger Squad dengan tujuan saya b

Proses Memasang TLD Pada Blog Pribadiku

Proses membuat blog saya mulai pada sepuluh tahun yang lalu pada saat saya telah selesai kuliah. Pada saat itu saya berpikiran mengembangkan hobi saya dalam hal tulis menulis. Pada saat itu kemampuan menulis saya belum selancar dan menarik sekarang.   Jadi menulis pada saat itu hanya sebagai kebiasaan, belum memperhatikan kualitas dan kebermaknaan tulisan. Setelah itu saya berpikiran bagaimana caranya agar tulisan saya dapat dibaca oleh banyak orang. Kebetulan saya terlintas untuk membuat blog, karena saya banyak membaca blog dari para blogger terutama tentang pendidikan dan kebermaknaan hidup. Oleh sebab itu saya membuat blog meskipun belum secanggih, semenarik dan seniat sekarang dalam hal tulis-menulis. Pada saat itu saya belum ada kebiasaan menulis dalam blog. Karena ada beberapa keperluan yang harus saya jalankan pada saat setelah kuliah, selain itu juga saya belum mengetahui bagaimana cara mengembangkan blog agar menarik baik dari segi konten maupun dari segi desain blog . Se